Gunadarma BAAK News

Kamis, 29 September 2011

TUGAS I (Teori Organisasi Umum I)


Pengertian Manajemen Organisasi 

Manajemen organisasi adalah proses pengkoordinasian aktifitas kerja sekelompok manusia, yang bekerjasama dengan suatu perencanaan kerja dan peraturan, untuk mencapai tujuan bersama. Manajemen itu sendiri adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah diciptakan. 

Fungsi-Fungsi Manajemen 

Pada hakekatnya fungsi manajemen dapat dikombinasikan menjadi 10 fungsi yaitu :

1.       Forecasting (ramalan) yaitu kegiatan meramalkan, memproyeksikan terhadap kemungkinan yang akan terjadi bila sesuatu dikerjakan.
2.      Planning (perencanaan) yaitu penentuan serangkaian tindakan dan kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan.
3.      Organizing (organisasi) yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, temasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya.
4.      Staffing atau Assembling Resources (penyusunan personalia) yaitu penyusunan personalia sejak dari penarikan tenaga kerja baru. latihan dan pengembangan sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal pada organisasi.
5.      Directing atau Commanding (pengarah atau mengkomando) yaitu usaha memberi bimbingan saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
6.      Leading yaitu pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
7.      Coordinating (koordinasi) yaitu menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan dan saling melempar tanggung jawab dengan jalan menghubungkan, menyatu-padukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan.
8.      Motivating (motivasi) yaitu pemberian semangat, inspirasi dan dorongan kepada bawahan agar mengerjakan kegiatan yang telah ditetapkan secara sukarela.
9.      Controlling (pengawasan) yaitu penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
10.  Reporting (pelaporan) yaitu penyampaian hasil kegiatan baik secara tertulis maupun lisan.

Berikut adalah fungsi-fungsi manajemen menurut pakarnya:
A.    Menurut Henry Fayol 
*        Planning (Perencanaan);
*        Organizing (Mengorganisir);
*        Commanding (Memerintah);
*        Controlling (Mengawasi);
*        Coordinating (Mengkoordinir);

B.     Menurut Ernest Dale
*        Planning (Perencanaan);
*        Organizing (Mengorganisir);
*        Staffing (Penyusunan Personalia);
*        Directing (Pengarah atau Mengkomando);
*        Innovating (Berinovasi);
*        Representing (Mewakili);
*        Controlling (Pengawasan);

C.   Menurut George R.Terry
*        Planning (Perencanaan);
*        Organizing (Mengorganisir);
*        Actuating (Penggerakan);
*        Controlling (Pengawasan);

D.    Menurut Luther Gullick 
*        Planning (Perencanaan);
*        Organizing (Mengorganisir);
*        Staffing (Penyusunan Pegawai);
*        Directing (Pembinaan Kerja);
*        Coordinating (Pengkoordinasian);
*        Reporting (Pelaporan);
*        Budgeting (Anggaran);

Contoh Gambar Bagan Struktur Organisasi

1. Contoh Bagan Berbentuk Vertikal



2. Contoh Bagan Berbentuk Horizontal


3. Contoh Bagan Berbentuk Piramida


4. Contoh Bagan Berbentuk Melingkar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar