Rencana pembentukan usaha “Gaming Shop”
dengan tipe usaha e-commerce
Di zaman komputerisasi ini,
hampir semua orang menggunakan komputer dan dilengkapi pula dengan kemudahan
internet. Kami berniat membuat usaha e-commers ‘gaming shop’ yang menjual
aksesoris perangkat komputer. Adapula contoh barang yang akan kami tawarkan
diantaranya : mouse untuk komputer/laptop, speaker aktif, colling pad, dll.
Perencanaan
1.
Menentukan barang – barang yang akan
dijual seperti mouse, keyboard, headphone, sound card, dan lain – lain.
2.
Menentukan distributor yang mampu memenuhi
kebutuhan barang bagi konsumen.
3.
Menentukan sistem pembayaran dan strategi
pemasaran.
4.
Menentukan desain website.
Untuk pemenuhan usaha tersebut maka
dibentuklah sebuah perusahaan dengan struktur organisasi sebagai berikut :
§ Direktur :
Ramadhan Abraham
§ Manager : Dita Atika
§ Accounting : Mega Fryanti
§ Sekretaris : Martha Fanny
§ Marketing : Cynthia Eka Suganda
dan Nur Annisa
§ Pergudangan : Reinhart Andrian Batuna
Adapun penjabaran tugas dari jabatan
tersebut ialah :
1.
Direktur
§ Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan – kebijakan perusahaan.
§ Memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan manager.
§ Menyetujui anggaran tahunan perusahaan.
§ Menyampaikan laporan kepada pemegang saham atas kinerja perusahaan.
2.
Manager
§ Pengarahan yang mencakup pembuatan keputusan, kebijaksanaan, supervisi, dan
lain – lain.
§ Merancang organisasi dan pekerjaan.
§ Seleksi, pelatihan, penilaian dan pengembangan.
§ Sistem komunikasi dan pengendalian.
3.
Accounting
§ Mengatur keuangan dari perusahaan. Misalnya membuat laporan keuangan,
anggaran pengeluaran, anggaran penghasilan bulanan, tahunan dan pembayaran gaji
karyawan.
4.
Sekretaris
§ Melaksanakan pekerjaan rutin, tugas – tugas administrative, tugas – tugas
pribadi dari atasannya.
5.
Marketing
§ Memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat.
§ Menghasilkan pemasukan bagi perusahaan.
§ Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.
6.
Pergudangan
§ Mencatat stok barang.
§ Mencatat transaksi barang
§ Memastikan ketersediaan barang bagi konsumen.
Kelompok Aplikasi Bisnis Teknologi
Informasi
1.
Cynthia Eka Suganda
2.
Dita Atika
3.
Martha Fanny
4.
Mega Fryanti
5.
Nur Annisa
6.
Ramadhan Abraham
7.
Reinhart Andrian Batuna
Kelas : 4KA32
Tidak ada komentar:
Posting Komentar